Sunday, June 22, 2014

Persiapan Pernikahan: H-6 Bulan

1. KONSEP ACARA
Oke.
Hal pertama yang dipersiapkan dari jauh-jauh hari adalah konsep acara mau seperti apa.
Yang pasti hal ini harus sesuai dengan keadaan dan kesepakatan dari kedua belah pihak keluarga.
Nah, alhamdulillah keluarga Akang menyerahkan semuanya ke keluarga gue. Mihihihihi :))))*senyumlebar*
Jadi, konsep dan segala macemnya itu sebagian besar adalah ide dari gue dan nyokap.

Untuk konsep acara, kita pake adat Sunda dan ada sentuhan Islamic Wedding juga. Jadi, akan ada acara pra-akad di H-1 yaitu pengajian, siraman dan "ngeuyeuk seureuh". Lengkap. Hehehe..
(Nanti detail per acaranya akan gue posting kalo udah ada potonyah yah sodarah2...)

2. TENTUKAN WAKTU DAN TEMPAT
Setelah tau konsep kaya gimana, budget berapa, sesuai kesepakatan ya... Mau berapa-berapa bayarnya juga harus udah diomongin loh... Biasanya karena acara resepsi di tempat CMW, calon mempelai wanita, jadi pihak cewek porsiannya lebih banyak. Tapi itu tergantung kesepakatan sih... Asal gak maksain dan sesuai kemampuan..

Setelah itu cari tempat! Tapi alhamdulillah gue masih bisa milih tempat sesuai tanggal yang gue mau, karena gue udah cari dari H-6 bulan. Ini enaknya nyiapin dari jauh2 hari hehe.. Untuk waktunya alhamdulillah adalah pas ulangtahun gue yang ke 24, 17 Mei 2014...

3. PAKAI JASA WO GAK YA....
Hmmm... Sebenernya ini pilihan sih...
Tapi, berhubung gue nikah di Tasikmalaya tapi tinggal di Jakarta, jadi agak susah kalo nyiapinnya dari beda kota. Maka gue memilih untuk menggunakan jasa WO.
Dan gue sama sekali nggak nyesel. Emang penting banget ada WO untuk bantu persiapan dan jalannya acara di hari H. Tapi tetep gue memantau kerjaan WO. Mungkin termasuk yang ribet karena maunya banyak hehehe..

Pake jasa WO bisa di hari H aja atau dari pas persiapan... Kalo emang punya waktu kosong, siapin sendiri pun bisa kok. Cuma pasti hari H nya akan hectic. Nah, gue memilih untuk pake WO juga supaya pas hari-H bisa santai... Nggak pusing... Dan beneran, mereka sangat membantu dan gue pun bisa berdiri manis di atas pelaminan :)

4. BELI KAIN SERAGAM KELUARGA & TEMAN2
Yaps!
Lagi-lagi dengan alasan gak mau hectic pas menjelang hari-H, maka gue dan nyokap udah beli seragaman sejak h-6 bulan. Hehehe.. Ke mayestik deh seharian... Saran gue, harus udah tau ya konsep warna yang akan dipake di resepsi apaan.. Kemaren gue masih labil antara mau ungu gold-atau cari warna lain. Akhirnya udah beli buat adik sekandung dan keluarga nyokap nuansa ungu-gold, tapi pas gitu gue mikir pengen peach gold ajah... hihi.. labil.. Jadinya rada banyak warna deh kemaren.. Gpp sih masih nuansa pastel :)

Tentu aja sebelomnya udah punya list siapa aja yang akan dikasih seragam. Mulai dari kakak adik sekandung bokap sama nyokap gue dan akang, nenek, adik kakak sekandung gue dan akang, sama temen2 deket nyokap (among tamu) dan gue...

Alhamdulillah, kelar urusan ini, tinggal dibungkusin, dikasih nama, dan jangan lupa cantumin tanggal nikahan. kadang-kadang suka lupa juga dikasi seragam dari siapa buat nikahan siapa hahaha..

5. UNDANGAN
Tentukan ini dari jauh-jauh hari! Mau berapa banyak undangan yang akan diundang? Karena akan ngaruh ke mana-mana. Tempat, catering, souvenir, cetakan undangan, dll. Untuk nikahan gue kemaren, gak banyak, 600 undangan aka 1200 orang.. 100 dari keluarga akang, 100 temen gue, sisanya rekan dan keluarga nyokap dan bokap. *super*

Oh iya, untuk undangan gue dan akang udah mulai survey dari H-6 bulan juga. Kebetulan akang kerjanya jauh, di Balikpapan, dan waktu itu ga ada waktu kosong lagi dia bisa survey-survey gini di Jakarta. Akhirnya kita ke Pasar Tebet, sesuai anjuran hasil browsing gue. Di Pasar Tebet (yg di basement) banyakkk banget tukang percetakan kayak gitu. Tapi kita mesti survey keliling juga, jangan cuma satu percetakan aja. Karena harganya lumayan bisa beda. *tetep*

Akhirnya kita nemu deh percetakan "DUTA GRAPHIA". Langsung jatuh cinta sama undangan bentuknya kotak, kecil, minimalis, tapi cantik. Dan mostly yang bikin jatuh cinta banget adalah warnanya yang sangat-azka-banget. :) Harganya? Murah... Udah emboss, hard cover, dan bonus ucapan terimakasih, dikasih harga 5.000/pcs. *YEAH*

Langsung DP deh hari itu juga, dan yang bikin lama adalah revisiannya. Isi dari undangan itu sendiri. Kita harus detail merhatiin kata-per kata. Huruf ke huruf. Jadi akhirnya gue ketik sendiri isinya akan seperti apa. Oia, berhubung gelar gue masih tentatif, antara udah jadi dokter gigi atau belum, akhirnya gue dan akang sepakat gausah nyantumin gelar apapun di belakang atau depan nama kita. *huhu, maapkan aku akang..

6. CATERING
Untuk catering, itu semuanya gue serahkan sama WO. Pakenya Wina Catering. Yang penting jangan sampe abis! Karena akan malu banget kalo udah abis di saat acara masih berlangsung.. Menu nya juga gue gak banyak mau sih, gubukannya aja palingan milih. Untuk 600 undangan, berarti 1200 pax perasmanan, dan @400 pax/gubukan. Gubukannya gue pilih Chicken Gordon Bleu, Grilled Fish, Mie Baso, Ice Cream Waffle, Aneka Buah dan Pudding.

7. MAKE UP DAN BAJU PENGANTIN
Untuk hal yang satu ini, semuanya gue serahkan sama tante gue yang emang perias pengantin. Tadinya sempet ditawarin pake perias dari Tasik, udah survey ke tempatnya segala, coba-coba fitting baju, tapi rasanya kurang sreg dengan hasil make up yang gue lihat di foto-fotonya... Beberapa temen gue yang udah nikah pun dia yang pegang, tapi gue kurang suka. Jadi ujung-ujungnya dibantu Wa Oom aja dari Hanjuang Sari :)

Nanti kita bikin review hasilnya gimana ya... *kalo foto udah pada jadi*
Hihihi...

8 comments:

  1. Mantap banget info nya, lengkap sekali!

    Sekalian share info ya...


    Paket Pernikahan Murah Jakarta

    Paket Pernikahan Murah Jakarta Wedding Organizer Termasuk Catering Rias Pengantin Dekorasi Peralatan Dokumentasi di Rumah/Gedung 081311250168.
    Paket Pernikahan Murah Jakarta

    Di Lavina Catering Jakarta tersedia Aneka Paket Pernikahan Murah Jakarta baik untuk acara pesta di Rumah atau Gedung. Walaupun harga murah namun Anda tidak akan kecewa, karena tidak akan ada biaya tambahan apapun. Biaya yang Anda keluarkan sudah ALL IN, Anda terima beres saja, semua sudah disiapkan oleh Team Lavina Catering Jakarta.

    Harga Paket Paket Pernikahan Rumah Jakarta :

    Paket Pernikahan Rumah 200 Orang : Rp. 24.900.000
    Paket Pernikahan Rumah 300 Orang : Rp. 29.900.000
    Paket Pernikahan Rumah 600 Orang : Rp. 39.900.000
    Paket Pernikahan Rumah 800 Orang : Rp. 54.900.000

    Harga Paket Pernikahan Gedung Jakarta :

    Paket Pernikahan Gedung 500 Orang : Rp. 49.900.000
    Paket Pernikahan Gedung 600 Orang : Rp. 54.900.000
    Paket Pernikahan Gedung 800 Orang : Rp. 59.900.000
    Paket Pernikahan Gedung 1000 Orang : Rp.64.900.000

    Mau Ambil Paket Pernikahan Murah Jakarta ?

    Saat melakukan persiapan Acara Pesta Pernikahan memang merupakan acara yang akan menyita waktu. Untuk itu memang diperlukan kerjasama antara setiap calon pasangan pengantin dengan masing masing keluarga dan juga dengan Vendor Pernikahan terkait.

    Keberadaan Lavina Catering tentu adalah dengan tujuan mempermudah Anda. Dengan memilih Paket Pernikahan Murah Jakarta melalui kami, Anda serasa mendapatkan layanan dari Wedding Organizer. Karena Anda tidak perlu pusing pusing lagi, semuanya sudah diselesaikan oleh Team Lavina Catering.

    Team Lavina Catering berada di lokasi strategis sangat siap memberikan Jasa Catering Jakarta Selatan, Catering Jakarta Pusat, Catering Jakarta Utara, Catering Jakarta Barat, Catering Jakarta Timur.

    Segera kunjungi atau hubungi Lavina Catering di kantor kami:

    Lavina Catering

    Jl Mampang Prapatan 12 No 9

    Jakarta Selatan 12790

    Hotline: 021 94550168

    Mobile/SMS: 081311250168, 081311350168

    Email : pesan@jasacatering.co.id

    WWW.JASACATERING.CO.ID

    ReplyDelete
  2. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog http://sewalaptopsby.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  3. trim's gan artikelnya sangat membantu sekali,

    ReplyDelete
  4. trim's artikelnya sangat membantu sekali, kompor gas !!!

    ReplyDelete
  5. "Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

    ReplyDelete
  6. Halo Para Calon Pengantin Bandung!!!

    Kini HIS Corp. hadir dengan PROMO terbaru bulan Maret. Promo yang kami luncurkan yaitu ALL IN WEDDING PACKAGE. Penasaran ada apa aja sih di Paket weddingnya itu?
    Mulai dari Venue yaitu di Gedung Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung. Catering, Dekorasi, Dokumentasi, Entertainment dan masih banyak lagi...
    Selain Paket lengkap, Calon Pengantin juga akan dapat BONUS!! Seperti Honeymoon (3 Hari 2 Malam) di Bali, dll.
    Selain BONUS, Calon Pengantin juga bisa mendapatkan Lucky Dip (Cincin emas, Voucher Frank N Co, dll)
    Penasaran sama Paket Weddingnya? atau BONUSnya?

    Yuk bisa datang langsung ke :
    HIS Wedding Venue & Organizer
    Gedung BIKASOGA
    Jl. Suryalaya Indah No. 1-3 Buah Batu, Cijagra, Lengkong, Bandung 40265

    Atau hubungi:
    Zulfa whatsapp 089611648377

    ReplyDelete
  7. Hai Para Calon Pengantin...
    Buat yang masih bingung cari venue wedding karena udah terlalu banyak venue yang kamu datangi dan bosan dengan menu foodstall yang itu itu aja. Tenangggg aku punya solusinya, yukkkkkk datang langsung ke HIS Graha Elnusa (Jl. TB. Simatupang Kav 1B) karena aku punya paket pernikahan All In yang gak akan bikin kamu pusing dan stress dalam mempersiapkan pernikahan dan aku juga punya foodstall Millenial (Hong Tang, Sushi Tei, Gulu Gulu, Sour Sally, Yoshinoya, Baskin Robin) yang belum ada di gedung manapun atau mau pernikahan yang konsepnya Syar’i dan Semi Outdoor??HIS Graha Elnusa bisa bangettt. Pensaran kan berapa sih harga paket pernikahannya pasti mahal deh. Untuk tanya tanya harga paket pernikahan di HIS Graha Elnusa bisa hubungi aku (Dwi) 0857-1837-2283 - Wedding Public Relation

    ReplyDelete